Profil

Program Studi Doktor Manajemen Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (PSDM-UMY) adalah program pendidikan formal akademik sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level tertinggi, yaitu level 9. PSDM-UMY secara resmi berdiri pada tanggal 16 Oktober 2018 berdasarkan Surat Keputusan Kementerian Ristekdikti RI No. 885/KPT/I/2018.  Program Studi Doktor Manajemen UMY telah memperoleh peringkat akreditasi BAIK dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan SK Nomor: 4928/SK/BAN-PT/Ak-PKP/D/VIII/2020.

PSDM-UMY merupakan salah satu dari tiga program Doktor yang diselenggarakan Program Pascasarjana UMY. Dengan berdirinya Program Doktor Manajemen, maka Program Pascasarjana UMY pada saat ini telah memiliki Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam, Program Doktor Ilmu Politik Islam dan Program Doktor Manajemen.

Menghadapi tantangan era Revolusi Industri 4.0 serta persaingan yang semakin hiper-kompetitif, Program Studi Doktor Manajemen UMY  siap mencetak Doktor yang unggul, berdaya saing tinggi dan berkarakter Islami. Program Studi Doktor Manajemen UMY siap memberikan layanan pendidikan terbaik untuk menghasilkan Doktor yang berkualitas dan kompeten dengan keuanggulan Etika dan Kepemimpinan. Alumni PSDM-UMY diharapkan mampu berkontribusi dalam pembangunan nasional dan menyelesaikan berbagai persoalan bangsa, khususnya permasalahan yang terkait dengan bidang manajemen.

Visi

Menjadi Program Studi Doktor Manajemen (PSDM) yang unggul di Indonesia dalam etika dan kepemimpinan berlandaskan ilmu pengetahuan, teknologi, iman, dan taqwa pada tahun 2030.

Misi

  • Mewujudkan Pendidikan tingkat doktoral berdasarkan etika dan kepemimpinan yang didukung ilmu pengetahuan, teknologi, iman, dan taqwa.
  • Mengembangkan penelitian bidang manajemen berdasarkan etika dan kepemimpinan yang didukung ilmu pengetahuan, teknologi, dan iman taqwa.
  • Mengembangkan dan mewujudkan pengabdian pada masyarakat berdasarkan etika dan kepemimpinan yang didukung ilmu pengetahuan, teknologi, dan iman taqwa.
  • Menjadi pusat pengembangan intelektual Muhammadiyah dalam bidang manajemen untuk memberdayakan dan mencerdaskan umat manusia.

Tujuan

  • Menghasilkan doktor manajemen dengan masa studi 3,5 tahun
  • Menghasilkan doktor manajemen dengan IPK 3,5.
  • Menghasilkan doktor manajemen dengan publikasi jurnal internasional bereputasi 2 judul per mahasiswa sesuai roadmap peneltian.
  • Menghasilkan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) berbasis etika dan kepemimpinan didukung ilmu pengetahuan teknologi minimal 1 PkM per tahun.