Program Studi Doktor Psikologi Pendidikan Islam didirikan pada tahun 2006. Pendirian Prodi ini disahkan oleh Pemerintah berdasarkan Surat keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI No. Dj.II/451/2006. Prodi Psikologi Pendidikan Islam ini telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan nilai akreditasi B berdasar SK-BAN-PT No. 1134/SK/BAN-PT/Akred/D/VII/2016.

Sebagai program doktoral yang sudah berdiri sejak tahun 2006, Psikologi Pendidikan Islam (PPI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) sangat aktif terlibat dalam berbagai kegiatan, baik itu aktivitas akademik, publikasi, hingga pengabdian masyarakat. Pada aktivitas akademik PPI UMY kerap menyelenggarakan diskusi ilmiah dari tingkatan lokal hingga internasional juga berbagai kegiatan pelatihan lainnya. Selanjutnya, dalam publikasi PPI UMY mendorong mahasiswa dan dosen untuk aktif dan melakukan publikasi ilmiah untuk membantu sekaligus menyumbangkan khazanah keilmuan.Terakhir yaitu pengabdian ke masyarakat, sebuah aktivitas sekaligus muara dari didirikannya perguruan tinggi yaitu untuk kembali ke masyarakat dan membantu memecahkan permasalahan yang ada. Adanya ketiga bentuk kegiatan tersebut sekaligus menjadi bukti bahwa PPI UMY berusaha untuk terus menjalankan amanat Tri Dharma Perguruan tinggi.

PPI UMY sebagai program doktoral yang hadir ditengah permasalahan pendidikan yang ada, juga berusaha menjawab permasalahan-permasalahan tersebut dengan menghadirkan berbagai macam akademisi yang sesuai dengan keahliannya masing-masing, seperti dibidang Keislaman, Psikologi, hingga Pendidikan. Melalui kehadiran akademisi-akademisi dan aktif dalam pelbagai kegiatan keilmuan tersebut maka sekaligus menjawab akan langkah-langkah yang ditempuh PPI UMY untuk memberikan layanan pendidikan bermutu dalam rangka menghasilkan para doktor, juga menjadikannya PPI menjadi program doktor yang unggul sekaligus kompeten dalam bidang psikologi pendidikan Islam.

Membuka kesempatan yang seluas-seluasnya bagi masyarakat untuk mendalami Psikologi Pendidikan Islam juga terus diupayakan dan dijalankan sampai saat ini. Terlihat dari adanya kerjasama beasiswa yang ada, seperti beasiswa dari Ministry of Religion Affair (MoRA), juga beasiswa bagi mahasiswa asing yang diberikan UMY. 

Akhir kata, Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam bukan hanya memenuhi akselerasi program pemerintah menghasilkan 7000 doktor, tetapi lebih dari itu, program doktor psikologi Islam UMY menyiapkan para doktor yang kompeten dalam menyelesaikan pelbagai persoalan bangsa, khususnya di bidang pendidikan. Kami sangat berharap anda dapat bergabung  dan turut berkontribusi meningkatkan kualitas pendidikan bangsa melalui pengembangan Psikologi Pendidikan Islam  di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

VISI
Unggul dan kompetitif dalam pengembangan ilmu Psikologi Pendidikan Islam bagi peradaban umat manusia

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tingkat Doktoral dalam bidang Psikologi Pendidikan Islam yang berkeunggulan akademik dan moral
  2. Mengembangkan dan mengimplementasikan keilmuan Psikologi Pendidikan Islam yang berbasis nilai-nilai keislaman.
  3. Mencerahkan dan memberdayakan umat untuk mewujudkan kemaslahatan.
  4. Menyelenggarakan penelitian di bidang psikologi pendidikan Islam

TUJUAN
Melahirkan akademisi bergelar doktor yang memiliki kemampuan menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin dalam bidang  Psikologi Pendidikan Islam dan mempublikasikan dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional.