Pengembangan Kurikulum

RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)

 

 

A. Identitas Mata Kuliah

1.  Nama Mata Kuliah               : Pengembangan Kurikulum

2.  Program Studi/Konsentrasi : MSI/PPI

3.  Bobot                                   : 3 sks

4.  Semester                             : III

5.  Kode Mata Kuliah                : MK14

6.  Alokasi Waktu                     : 50 x 3 (150 menit)

7.  Dosen Pengampu               : Dr. Tasman Hamami, M.A

 

 

B. Deskripsi Mata Kuliah

Mata kuliah Pengembangan Kurikulum mengkaji berbagai hal berkaitan dengan pengembangan kurikulum, meliputi teori, konsep, desain, organisasi, proses pengembangan kurikulum dan evaluasinya. Pengembangan kurikulum merupakan bagian dari ilmu pendidikan, sehingga mata kuliah ini berhubungan erat dengan ilmu pendidikan. Kajian dalam mata kuliah ini mencakup pengembangan dan kurikulum pendidikan Islam. Kajian dalam mata kuliah pengembangan kurikulum tidak hanya diarahkan pada pengkajian teori dan konsep pengembangan kurikulum, melainkan juga pada pengembangan kurikulum secara operasional. Setelah menempuh mata kuliah para mahasiswa memiliki wawasan memahami teori dan konsep pengembangan kurikulum dan dan kemampuan mengimplementasikannya dalam pengembagan kurikulum pendidikan Islam.

 

 

C. Capaian Pembelajaran

Setelah menempuh mata kuliah pengembangan kurikulum, mahasiswa memiliki kemampuan-kemampuan teoritis, konseptual dan prosedural  dalam pengembangan kurikulum.  Secara rinci,  capaian pebelajaran mata kuliah pengembangan kurikulum adalah sebagai berikut:

Umum

1.  Menguasai konsep, teori, pendekatan dan metode dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam dan;

2.  Mampu menganalisis fenomena pembelajaran secara, komprehensif dan kritis;

3.  Mampu   menerapkan   ilmu    pengetahuan   dan   teknologi    di    bidang    pembelajaran   dan   pengelolaan   organisasi pembelajaran/pendidikan/penyuluhan dan pengembangannya;

4.  Mampu mengevaluasi kurikulum, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran dan implementasinya berdasarkan teori

psikologi pendidikan.

Sikap

1.  Bertakwa kepada Allah Swt dan mampu menunjukkan sikap religius, dan islami;

2.  Memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan dengan baik, memiliki kepekaan dan kepedulian sosial maupun lingkungan;

3.  Mengembangkan sikap kritis dan konstruktif terhadap perkembangan kurikulum dan kurikulum Pendidikan Islam.

Pengetahuan

1.    Mampu merumuskan konsep pendidikan Islam dan merespon perkembangan keilmuan mutakhir, dan pengembangan kurikulum dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner dan transdisipliner.

 

2.   Mampu merumuskan konsep pengembangan kurikulum, dan menerapkannya dalam pengembangan kurikulum Pendidikan

Islam.

3.   Mampu mengevaluasi implementasi kurikulum dalam pembelajaran pendidikan Islam.

Keterampilan Umum

1.   Mampu merumuskan konsep pengembangan kurikulum dan pengembangan kurikulum pendidikan Islam.

2.    Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui pengembangan kurikulum dengan memperhatikan dan menerapkan nilai Islam, sosial dan humaniora.

Keterampilan Khusus

1.  Mampu  merumuskan desain  pengembangan kurikulum  dan  kurikulum  pendidikan  Islam, mengembangkan silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran, mengevaluasi kurikulum dan merumuskan pengembangan kurikulum Pendidikan Islam.

2.  Mampu merumuskan konsep ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk karya

tulis/makalah dan artikel pada jurnal ilmiah dalam bidang pengembangan kurikulum.

 

 

D. Bahan Kajian

Bahan kajian mata kuliah pengembangan kurikulum, meliputi:

1.  Pendidikan Islam dan pendidikan agama Islam

2.  Konsep dasar kurikulum dan pengembangan kurikulum

3.  Sumber-sumber pengembangan kurikulum

4.  Landasan pengembangan kurikulum

5.  Prinsip pengembangan kurikulum

6.  Model pengembangan kurikulum Pendidikan Islam

 

7.  Tahap pengembangan kurikulum

8.  Evaluasi kurikulum pendidikan Islam.

 

 

E.  Timeline Kuliah

 

Pertemuan

Sesi ke

 

Learning Outcome

 

Bahan kajian

Metode pembelajaran

Pengalaman Belajar

Bentuk

Penilaian

 

Bobot

Penilaian

1

a. Orientasi Kuliah

b. Rencana Perkuliahan

c. Merancang penulisan dan presentasi makalah/artikel

Kontrak kuliah dan Rencana Perkuliahan Semester

Interactive lecturing dan diskusi

a.  Mendiskusikan rencana kuliah.

b. Merancang tugas- tugas dalam kuliah

Proses

Portofolio

5 %

2

Memahami konsep pendidikan Islam dan pendidikan agama Islam

Konsep pendidikan Islam dan pendidikan agama Islam

Penugasan dan diskusi

Mendiskusikan konsep konsep pendidikan Islam dan pendidikan agama Islam

Observasi dan produk

5 %

3

a. Mendeskripsikan konsep kurikulum dan kurikulum pendidikan Islam

b. Merumuskan unsur-unsur dasar kurikulum

c. Memahami sumber- sumber pengembangan kurikulum

a. Konsep kurikulum b. Unsur-unsur

dasar kurikulum

Penugasan dan diskusi

Menulis makalah, presentasi, berdiskusi konsep dan unsur-unsur dasar kurikulum dan kurikulum pendidikan Islam dan merumuskan hasilnya

Observasi dan produk

5 %

4

a. Memetakan kedudukan kurikulum dalam proses pendidikan

a. Kedudukan kurikulum dalam proses

Penugasan dan diskusi

Menulis dan mempresentasikan makalah, mendiskusikan

Observasi dan produk

5 %

 

 

b. Menganalisis asas-asas pengembangan kurikulum

pendidikan b. Asas-asas

pengembangan kurikulum

 

kedudukan dan asas- asas pengembangan kurikulum dan merumuskan hasilnya

 

 

5

a. Merumuskan prinsip- prinsip  pengembangan kurikulum

b. Memetakan

perkembangan kurikulum di Indonesia

a. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum

b. Perkembangan

kurikulum di

Indonesia

Penugasan dan diskusi

Menulis dan mempresentasikan makalah, mendiskusikan prinsip pengembangan kurikulum dan perkembangan kurikulum di Indonesia serta merumuskan hasilnya

Observasi dan produk

5 %

6

a. Memahami organisasi kurikulum

b. Menyusun desain pengembangan kurikulum

a. Organisasi kurikulum

b. Desain pengembangan kurikulum

Penugasan dan diskusi

Menulis dan mempresentasikan makalah, mendiskusikan organisasi dan desain kurikulum serta merumuskan hasilnya

Observasi dan produk

5 %

7

a. Merumuskan proses pengembangan kurikulum.

b. Mengembangkan tujuan dan materi kurikulum

Proses pengembangan kurikulum

Penugasan dan diskusi

Menulis dan mempresentasikan makalah, mendiskusikan proses pengembangan kurikulum dan merumuskan hasilnya

Observasi dan produk

5 %

8

Mengembangkan silabus dan Rencana pelaksanaan

Silabus dan rencana

Penugasan

Menulis dan mempresentasikan

Observasi dan produk

5 %

 

pembelajaran PAI/ISMUBA

pelaksanaan pembelajaran PAI/ISMUBA

dan diskusi

makalah, mendiskusikan pengembangan silabus dan RPP serta merumuskan hasilnya

 

 

Ujian tengan Semester (UTS)

9

Mengevaluasi kurikulum PAI/ISMUBA Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah

Evaluasi kurikulum PAI/ISMUBA Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah

Penugasan dan diskusi

a.  Menulis makalah

b.  Mempresentasikan makalah dan endiskusikan

Observasi dan produk

5 %

10

Mengevaluasi kurikulum PAI/ISMUBA Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah

Evaluasi kurikulum PAI/ISMUBA SMP dan MTs

Penugasan dan diskusi

a.  Menulis makalah

b.  Mempresentasikan makalah dan endiskusikan

Observasi dan produk

5 %

11

Mengevaluasi kurikulum PAI/ISMUBA Sekolah Menengah Atas dan Madrasah Aliyah

Evaluasi kurikulum PAI/ISMUBA SMA dan MA

Penugasan dan diskusi

a.  Menulis makalah

b.  Mempresentasikan makalah            dan endiskusikan

Observasi dan produk

5 %

12

Mendesain Pengembangan kurikulum PAI/ISMUBA Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah

Desain Pengembangan kurikulum PAI/ISMUBA SD dan MI

Penugasan dan diskusi

a.  Menulis makalah

b.  Mempresentasikan makalah             dan endiskusikan

Observasi dan produk

5 %

13

Mendesain Pengembangan kurikulum PAI/ISMUBA Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah

Desain Pengembangan kurikulum PAI/ISMUBA SMP dan MTs

Penugasan dan diskusi

a.  Menulis makalah

b.  Mempresentasikan makalah             dan endiskusikan

Observasi dan produk

5 %

 

 

14

Mendesain Pengembangan kurikulum PAI/ISMUBA Sekolah Menengah Patas dan Madrasah Aliyah

Desain Pengembangan kurikulum PAI/ISMUBA SMA dan MA

Penugasan dan diskusi

c.   Menulis makalah

d.  Mempresentasikan makalah dan endiskusikan

Observasi dan produk

5 %

15

Mengembangkan Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam

Pengembangan pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam

Seminar

a.  Menulis     makalah/ artikel, mempresentasikan dan mendiskusikan

b.  Mennerbitkan

artikel    ke    jurnal nasional

Publikasi artikel

15 %

16

Mengembangkan pembelajaran pendidikan Agama Islam pada Era Pandemi Covid-19

Pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Era Pandemi Covid-19

Seminar

c.   Menulis     makalah/ artikel, mempresentasikan dan mendiskusikan

d.  Mennerbitkan

artikel    ke    jurnal nasional

Publikasi artikel

15 %

Ujian Akhir Semester (UAS)

 

 

F.  Penilian

 

 

Nilai akhir mahasiswa ditentukan oleh 4 (empat) aspek sebagai berikut:

1.  Penulisan dan presentasi makalah serta penulisan artikel jurnal, dengan bobot 35 %. Kreteria penilaian tugas (makalah atau

 

 

 

 

 

 

PROGRAM PASCASARJANA

MAGISTER STUDI ISLAM

 

laporan):

a.  Kejelasan rumusan masalah uraian konsep, prinsip, atau prosedur, serta teknis penulisan; b.  Kejelasan contoh yang relevan dengan konsep, prinsip atau prosedur yang dikemukakan; c.  Kelengkapan data dan ketajaman analisis terhadap masalah yang dibahas;

d.  Teknik presentasi (penyajian, kemampuan merespon, dan dukungan media).

2.  Performance,  yaitu   keaktifan   kuliah,   partisipasi   aktif   dalam   diskusi,   kemampuan  menyampaikan  gagasan  dan berkomunikasi. Performance dinilai dengan bobot 15 %.

3.  Ujian Tengah Semester berupa mengevaluasi kurikulum pendidikan Islam, dengan bobot 20 %.

4.  Tugas akhir berupa menyusun contoh model pengembangan kurikulum  maupun bentuk lain dengan bobot 30 %.

Hasil Penilaian

Hasil penilaian merupkan komulasi dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas, performance, Ujian Tengah dan tugas Akhir

Semester. Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:

 

 

G. Referensi

1.  Alex Moore, Understanding the School Curriculum: Theory, Politics and Principles, London: Routledge, 2015

2.  Allan A. Glatthorn, dkk. Curriculum  Leadership Strategies for  Development and Implementation  Fifth Edition, California, SAGE Publications, Inc., 2019

3.  Ella Yulailawati, Kurikulum dan Pembelajaran filosofi, Teori dan Aplikasi, Bandung: Pakar Raya, 2004.

4.  Hasan Langgulung, Asas-asas  Pendidikan Islam, Jakarta : Pustaka Alhusna, 1987.

5.  Kementerian Agama, KMA NO. 183 TAHUN 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Madrasah

6.  Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.

7.  Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Kurikulum ISMUBA, 2017

8.  Mrunalini Talla, Curriculum Development, Perspectives, Principles and Issues, Delhi: Perason, 2012

 

 

 

 

 

 

PROGRAM PASCASARJANA

MAGISTER STUDI ISLAM

 

9.  Nana  Saudih  Sukmadinata,  Pengembangan  Kurikulum  Teori  dan  Praktek,  cet.  5,  Bandung:  Penerbit  PT.  Remaja

Rosdakarya, 2002.

10. Nana Sujana, Pembinaan dan  pengembangan  kurikulum  di  sekolah, cet.  Keempat, Bandung:  penerbit  Sinar  baru

Algensindo, 2002.

11. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 20, 21, 22, 23, dan 24 Tahun 2016

12. Philip W Jackson, (ed.), Handbook of Research on Curriculum, New York: Simon & Schuster Macmillan, cetakan ketiga ,

1996.

13. Ratcliff, editor, Handbook of The Undergraduate Curriculum, Sanfrancisco: Jossey-Bass, 1997.

14. Robyn R. Jackson, How to support struggling students, Washington, DC, Mindsteps Inc, 2010

15. S.Nasution, Asas-asas Kurikulum, Edisi kedua, cet. 5, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

16. Tasman Hamami dan Muqowim, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Emir Cakrawala Islam, 2020

17. Wan Mohd Nor Wan Daud, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M.Naquib Al-Attas, terjemahan. Hamid Fahmy, dkk.

Bandung: Mizan, 2003.

18. Zainal Arifin, Konsep Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya, 2013

 

 

 

Disiapkan oleh: Dosen Pengampu

 

Dr. Tasman Hamami, M.A.

Diperiksa oleh: Ketua Prodi MSI

 

 

 

 

Dr. Nawari Ismail, M.Ag.

Disahkan oleh: Direktur

 

 

 

 

Sri Atmaja P. Rosyidi, M.Sc. Eng., Ph.D. P.Eng