Pengembangan Kurikulum
RENCANA PERKULIAHAN SEMESTER (RPS)
A. Identitas Mata Kuliah
1. Nama Mata Kuliah : Pengembangan Kurikulum
2. Program Studi/Konsentrasi : MSI/PPI
3. Bobot : 3 sks
4. Semester : III
5. Kode Mata Kuliah : MK14
6. Alokasi Waktu : 50 x 3 (150 menit)
7. Dosen Pengampu : Dr. Tasman Hamami, M.A
B. Deskripsi Mata Kuliah
Mata kuliah Pengembangan Kurikulum mengkaji berbagai hal berkaitan dengan pengembangan kurikulum, meliputi teori, konsep, desain, organisasi, proses pengembangan kurikulum dan evaluasinya. Pengembangan kurikulum merupakan bagian dari ilmu pendidikan, sehingga mata kuliah ini berhubungan erat dengan ilmu pendidikan. Kajian dalam mata kuliah ini mencakup pengembangan dan kurikulum pendidikan Islam. Kajian dalam mata kuliah pengembangan kurikulum tidak hanya diarahkan pada pengkajian teori dan konsep pengembangan kurikulum, melainkan juga pada pengembangan kurikulum secara operasional. Setelah menempuh mata kuliah para mahasiswa memiliki wawasan memahami teori dan konsep pengembangan kurikulum dan dan kemampuan mengimplementasikannya dalam pengembagan kurikulum pendidikan Islam.
C. Capaian Pembelajaran
Setelah menempuh mata kuliah pengembangan kurikulum, mahasiswa memiliki kemampuan-kemampuan teoritis, konseptual dan prosedural dalam pengembangan kurikulum. Secara rinci, capaian pebelajaran mata kuliah pengembangan kurikulum adalah sebagai berikut:
Umum
1. Menguasai konsep, teori, pendekatan dan metode dalam pengembangan kurikulum pendidikan Islam dan;
2. Mampu menganalisis fenomena pembelajaran secara, komprehensif dan kritis;
3. Mampu menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang pembelajaran dan pengelolaan organisasi pembelajaran/pendidikan/penyuluhan dan pengembangannya;
4. Mampu mengevaluasi kurikulum, silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran dan implementasinya berdasarkan teori
psikologi pendidikan.
Sikap
1. Bertakwa kepada Allah Swt dan mampu menunjukkan sikap religius, dan islami;
2. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerja sama dengan dengan baik, memiliki kepekaan dan kepedulian sosial maupun lingkungan;
3. Mengembangkan sikap kritis dan konstruktif terhadap perkembangan kurikulum dan kurikulum Pendidikan Islam.
Pengetahuan
1. Mampu merumuskan konsep pendidikan Islam dan merespon perkembangan keilmuan mutakhir, dan pengembangan kurikulum dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner dan transdisipliner.
2. Mampu merumuskan konsep pengembangan kurikulum, dan menerapkannya dalam pengembangan kurikulum Pendidikan
Islam.
3. Mampu mengevaluasi implementasi kurikulum dalam pembelajaran pendidikan Islam.
Keterampilan Umum
1. Mampu merumuskan konsep pengembangan kurikulum dan pengembangan kurikulum pendidikan Islam.
2. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui pengembangan kurikulum dengan memperhatikan dan menerapkan nilai Islam, sosial dan humaniora.
Keterampilan Khusus
1. Mampu merumuskan desain pengembangan kurikulum dan kurikulum pendidikan Islam, mengembangkan silabus, dan rencana pelaksanaan pembelajaran, mengevaluasi kurikulum dan merumuskan pengembangan kurikulum Pendidikan Islam.
2. Mampu merumuskan konsep ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk karya
tulis/makalah dan artikel pada jurnal ilmiah dalam bidang pengembangan kurikulum.
D. Bahan Kajian
Bahan kajian mata kuliah pengembangan kurikulum, meliputi:
1. Pendidikan Islam dan pendidikan agama Islam
2. Konsep dasar kurikulum dan pengembangan kurikulum
3. Sumber-sumber pengembangan kurikulum
4. Landasan pengembangan kurikulum
5. Prinsip pengembangan kurikulum
6. Model pengembangan kurikulum Pendidikan Islam
7. Tahap pengembangan kurikulum
8. Evaluasi kurikulum pendidikan Islam.
E. Timeline Kuliah
Pertemuan Sesi ke |
Learning Outcome |
Bahan kajian |
Metode pembelajaran |
Pengalaman Belajar |
Bentuk Penilaian |
Bobot Penilaian |
1 |
a. Orientasi Kuliah b. Rencana Perkuliahan c. Merancang penulisan dan presentasi makalah/artikel |
Kontrak kuliah dan Rencana Perkuliahan Semester |
Interactive lecturing dan diskusi |
a. Mendiskusikan rencana kuliah. b. Merancang tugas- tugas dalam kuliah |
Proses Portofolio |
5 % |
2 |
Memahami konsep pendidikan Islam dan pendidikan agama Islam |
Konsep pendidikan Islam dan pendidikan agama Islam |
Penugasan dan diskusi |
Mendiskusikan konsep konsep pendidikan Islam dan pendidikan agama Islam |
Observasi dan produk |
5 % |
3 |
a. Mendeskripsikan konsep kurikulum dan kurikulum pendidikan Islam b. Merumuskan unsur-unsur dasar kurikulum c. Memahami sumber- sumber pengembangan kurikulum |
a. Konsep kurikulum b. Unsur-unsur dasar kurikulum |
Penugasan dan diskusi |
Menulis makalah, presentasi, berdiskusi konsep dan unsur-unsur dasar kurikulum dan kurikulum pendidikan Islam dan merumuskan hasilnya |
Observasi dan produk |
5 % |
4 |
a. Memetakan kedudukan kurikulum dalam proses pendidikan |
a. Kedudukan kurikulum dalam proses |
Penugasan dan diskusi |
Menulis dan mempresentasikan makalah, mendiskusikan |
Observasi dan produk |
5 % |
|
b. Menganalisis asas-asas pengembangan kurikulum |
pendidikan b. Asas-asas pengembangan kurikulum |
|
kedudukan dan asas- asas pengembangan kurikulum dan merumuskan hasilnya |
|
|
5 |
a. Merumuskan prinsip- prinsip pengembangan kurikulum b. Memetakan perkembangan kurikulum di Indonesia |
a. Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum b. Perkembangan kurikulum di Indonesia |
Penugasan dan diskusi |
Menulis dan mempresentasikan makalah, mendiskusikan prinsip pengembangan kurikulum dan perkembangan kurikulum di Indonesia serta merumuskan hasilnya |
Observasi dan produk |
5 % |
6 |
a. Memahami organisasi kurikulum b. Menyusun desain pengembangan kurikulum |
a. Organisasi kurikulum b. Desain pengembangan kurikulum |
Penugasan dan diskusi |
Menulis dan mempresentasikan makalah, mendiskusikan organisasi dan desain kurikulum serta merumuskan hasilnya |
Observasi dan produk |
5 % |
7 |
a. Merumuskan proses pengembangan kurikulum. b. Mengembangkan tujuan dan materi kurikulum |
Proses pengembangan kurikulum |
Penugasan dan diskusi |
Menulis dan mempresentasikan makalah, mendiskusikan proses pengembangan kurikulum dan merumuskan hasilnya |
Observasi dan produk |
5 % |
8 |
Mengembangkan silabus dan Rencana pelaksanaan |
Silabus dan rencana |
Penugasan |
Menulis dan mempresentasikan |
Observasi dan produk |
5 % |
|
14 |
Mendesain Pengembangan kurikulum PAI/ISMUBA Sekolah Menengah Patas dan Madrasah Aliyah |
Desain Pengembangan kurikulum PAI/ISMUBA SMA dan MA |
Penugasan dan diskusi |
c. Menulis makalah d. Mempresentasikan makalah dan endiskusikan |
Observasi dan produk |
5 % |
15 |
Mengembangkan Pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam |
Pengembangan pendidikan Islam dan Pendidikan Agama Islam |
Seminar |
a. Menulis makalah/ artikel, mempresentasikan dan mendiskusikan b. Mennerbitkan artikel ke jurnal nasional |
Publikasi artikel |
15 % |
16 |
Mengembangkan pembelajaran pendidikan Agama Islam pada Era Pandemi Covid-19 |
Pengembangan pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Era Pandemi Covid-19 |
Seminar |
c. Menulis makalah/ artikel, mempresentasikan dan mendiskusikan d. Mennerbitkan artikel ke jurnal nasional |
Publikasi artikel |
15 % |
Ujian Akhir Semester (UAS) |
F. Penilian
Nilai akhir mahasiswa ditentukan oleh 4 (empat) aspek sebagai berikut:
1. Penulisan dan presentasi makalah serta penulisan artikel jurnal, dengan bobot 35 %. Kreteria penilaian tugas (makalah atau
PROGRAM PASCASARJANA
MAGISTER STUDI ISLAM
laporan):
a. Kejelasan rumusan masalah uraian konsep, prinsip, atau prosedur, serta teknis penulisan; b. Kejelasan contoh yang relevan dengan konsep, prinsip atau prosedur yang dikemukakan; c. Kelengkapan data dan ketajaman analisis terhadap masalah yang dibahas;
d. Teknik presentasi (penyajian, kemampuan merespon, dan dukungan media).
2. Performance, yaitu keaktifan kuliah, partisipasi aktif dalam diskusi, kemampuan menyampaikan gagasan dan berkomunikasi. Performance dinilai dengan bobot 15 %.
3. Ujian Tengah Semester berupa mengevaluasi kurikulum pendidikan Islam, dengan bobot 20 %.
4. Tugas akhir berupa menyusun contoh model pengembangan kurikulum maupun bentuk lain dengan bobot 30 %.
Hasil Penilaian
Hasil penilaian merupkan komulasi dari jumlah kehadiran, penyelesaian tugas, performance, Ujian Tengah dan tugas Akhir
Semester. Mahasiswa dapat memilih nilai akhir sebagai berikut:
G. Referensi
1. Alex Moore, Understanding the School Curriculum: Theory, Politics and Principles, London: Routledge, 2015
2. Allan A. Glatthorn, dkk. Curriculum Leadership Strategies for Development and Implementation Fifth Edition, California, SAGE Publications, Inc., 2019
3. Ella Yulailawati, Kurikulum dan Pembelajaran filosofi, Teori dan Aplikasi, Bandung: Pakar Raya, 2004.
4. Hasan Langgulung, Asas-asas Pendidikan Islam, Jakarta : Pustaka Alhusna, 1987.
5. Kementerian Agama, KMA NO. 183 TAHUN 2019 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Madrasah
6. Mahmud, Pemikiran Pendidikan Islam, Bandung: CV. Pustaka Setia, 2011.
7. Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah, Kurikulum ISMUBA, 2017
8. Mrunalini Talla, Curriculum Development, Perspectives, Principles and Issues, Delhi: Perason, 2012
PROGRAM PASCASARJANA
MAGISTER STUDI ISLAM
9. Nana Saudih Sukmadinata, Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek, cet. 5, Bandung: Penerbit PT. Remaja
Rosdakarya, 2002.
10. Nana Sujana, Pembinaan dan pengembangan kurikulum di sekolah, cet. Keempat, Bandung: penerbit Sinar baru
Algensindo, 2002.
11. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional, Nomor 20, 21, 22, 23, dan 24 Tahun 2016
12. Philip W Jackson, (ed.), Handbook of Research on Curriculum, New York: Simon & Schuster Macmillan, cetakan ketiga ,
1996.
13. Ratcliff, editor, Handbook of The Undergraduate Curriculum, Sanfrancisco: Jossey-Bass, 1997.
14. Robyn R. Jackson, How to support struggling students, Washington, DC, Mindsteps Inc, 2010
15. S.Nasution, Asas-asas Kurikulum, Edisi kedua, cet. 5, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
16. Tasman Hamami dan Muqowim, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Emir Cakrawala Islam, 2020
17. Wan Mohd Nor Wan Daud, Filsafat dan Praktik Pendidikan Islam Syed M.Naquib Al-Attas, terjemahan. Hamid Fahmy, dkk.
Bandung: Mizan, 2003.
18. Zainal Arifin, Konsep Model Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya, 2013
Disiapkan oleh: Dosen Pengampu
Dr. Tasman Hamami, M.A.
Diperiksa oleh: Ketua Prodi MSI
Dr. Nawari Ismail, M.Ag.
Disahkan oleh: Direktur
Sri Atmaja P. Rosyidi, M.Sc. Eng., Ph.D. P.Eng